RPP SIKLUS I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan          :  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare
Mata Pelajaran                :  Bahasa Arab
Kelas/Semester                :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                 : 2 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi:
1.      Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja

B.     Kompetensi  Dasar
1.1  Mengidentifikasi bunyi, ujaran (lisan, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2  Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Melafalkan kembali informasi lisan tentang remaja
§  Menerjamahkan informasi lisan tentang remaja
§  Menghafalkan mufradat tentang remaja

D.    Materi Pembelajaran :
§  اَلْمُرَاهِقُ

E.     Metode Pembelajaran
§  Metode            : Ceramah; Tanya jawab;
§  Media              : Power Point, Laptop, LCD


F.     Langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal : 10 Menit
§  Guru memberi salam, kemudian meminta salah satu peserta didik memimpin temannya untuk menyiapkan diri mengikuti pelajaran dengan do’a bersama.
§  Apersepsi:
a.       Perkenalan sambil Cross cek peserta didik
b.      Brain storming pengetahuan awal peserta didik atau curah pendapat.
c.       Menuliskan jawaban peserta didik di papan tulis
d.      Guru menjelaskan secara singkat materi dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanankan.
2.      Kegiatan Inti: 60 menit
§  Guru menampilakn materi melalui slide power point kemudian membacakannya
§  Peserta didik mendengarkan secara saksama
§  Guru meminta peserta didik mengulang kemudian mencatatnya
§  Guru menjelaskan gagasan dalam materi tersebut
§  Setelah waktu selesi, Guru meberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui
3.      Kegiatan Akhir: 10 menit
§  Guru memberi refleksi proses dan hasil pembelajaran dengan memberikan penguatan dan menghargai hasil belajar peserta didik dan memberi pujian dan penghargaan yang terbaik.
§  Guru meminta agar peserta didik menghafalkan mufradat-mufradat yang ada
§  Guru menyampaikan materi berikutnya.
§  Guru mengakhiri pelajaran dengan ber do’a
G.    Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa




H.    Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Hafalan

Parepare, 7 September 2012

Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare



Drs. H. M. Ibrahim, M.Ag
NIP:1962231 1994403 1 019
Guru Bidang Studi




Hj. Hidayah Ahmad, S.Pd.I
NIP: 19830327 200710 2 002



Komentar

  1. ASSALAMU'ALAIKUM,UST APAKAH BISA DIKIRIMKAN KESAYA PERANGKAT PEMBELAJARAN BHS ARAB KLS X,XI DAN XII MHN BANTYUANNYA ATAS KEBAIKAN DI SAMPAIKAN TERIMAKASH anthonie160275@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL BAHASA ARAB KLS X

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

SOAL BAHASA ARAB KLS XI