Abstrak SkripsiQ



ABSTRAK
SUSILAWATI, Penggunaan Power Point dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MAN 2 Parepare. ( Dibimbing oleh Abubakar Juddah dan Herdah).
Penggunaan media dalam Pembelajaran merupakan hal yang urgen. Sangat banyak manfaat dari media dalam pembelajaran dan salah satunya adalah meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini media power point dipilih sebagai alat untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab.
Media power point yang dikemas dalam Penelitian Tindakan Kelas ini disajikan melalui dua siklus dan memberikan manfaat yang sangat besar.
Pada siklus pertama mencakup empat aspek yaitu; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan observasi, serta refleksi dan replanning. Hasil refleksi pada siklus I menyatakan bahwa peserta didik terlihat menikmati pembelajaran bahasa Arab yang berbasis power point. Hasil penilaian berdasarkan hasil observasi menyatakan bahwa 5 dari 24 peserta didik mencapai skor 11 (dari 12 skor ideal). Sedangkan berdasarkan respon terhadap pembelajaran berbasis power point,  44,58% sangat setuju.
Pada siklus kedua juga memiliki empat aspek sebagaimana halnya dengan siklus pertama. Namun siklus kedua ini merupakan perbaikan dan kelanjutan dari siklus pertama berdasarkan replanning yang disajikan. Pada siklus kedua ini hasilnya sangat sesuai dengan harapan sebagaimana pernyataan dalam hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa power point dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi yang menyatakan bahwa 19 dari 24 peserta didik mampu mencapai skor ideal yaitu 12. Sedangkan dari hasil responden, 85,83% sangat setuju dengan pembelajaran berbasis power point.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL BAHASA ARAB KLS X

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

SOAL BAHASA ARAB KLS XI