ABSTRAK
SUSILAWATI, Penggunaan
Power Point dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
Peserta Didik MAN 2 Parepare. ( Dibimbing oleh Abubakar Juddah dan Herdah).
Penggunaan
media dalam Pembelajaran merupakan hal yang urgen. Sangat banyak manfaat dari
media dalam pembelajaran dan salah satunya adalah meningkatkan motivasi belajar
peserta didik. Dalam penelitian ini media power
point dipilih sebagai alat untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab.
Media
power point yang dikemas dalam Penelitian Tindakan Kelas ini disajikan melalui
dua siklus dan memberikan manfaat yang sangat besar.
Pada
siklus pertama mencakup empat aspek yaitu; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
dan observasi, serta refleksi dan replanning. Hasil refleksi pada siklus I
menyatakan bahwa peserta didik terlihat menikmati pembelajaran bahasa Arab yang
berbasis power point. Hasil penilaian
berdasarkan hasil observasi menyatakan bahwa 5 dari 24 peserta didik mencapai
skor 11 (dari 12 skor ideal). Sedangkan berdasarkan respon terhadap
pembelajaran berbasis power point, 44,58% sangat setuju.
Pada
siklus kedua juga memiliki empat aspek sebagaimana halnya dengan siklus
pertama. Namun siklus kedua ini merupakan perbaikan dan kelanjutan dari siklus
pertama berdasarkan replanning yang disajikan. Pada siklus kedua ini hasilnya
sangat sesuai dengan harapan sebagaimana pernyataan dalam hipotesis tindakan
yang menyatakan bahwa power point
dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa
Arab. Hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi yang menyatakan bahwa 19
dari 24 peserta didik mampu mencapai skor ideal yaitu 12. Sedangkan dari hasil
responden, 85,83% sangat setuju dengan pembelajaran berbasis power point.
Komentar
Posting Komentar