Langsung ke konten utama

Abstrak SkripsiQ



ABSTRAK
SUSILAWATI, Penggunaan Power Point dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MAN 2 Parepare. ( Dibimbing oleh Abubakar Juddah dan Herdah).
Penggunaan media dalam Pembelajaran merupakan hal yang urgen. Sangat banyak manfaat dari media dalam pembelajaran dan salah satunya adalah meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini media power point dipilih sebagai alat untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab.
Media power point yang dikemas dalam Penelitian Tindakan Kelas ini disajikan melalui dua siklus dan memberikan manfaat yang sangat besar.
Pada siklus pertama mencakup empat aspek yaitu; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan observasi, serta refleksi dan replanning. Hasil refleksi pada siklus I menyatakan bahwa peserta didik terlihat menikmati pembelajaran bahasa Arab yang berbasis power point. Hasil penilaian berdasarkan hasil observasi menyatakan bahwa 5 dari 24 peserta didik mencapai skor 11 (dari 12 skor ideal). Sedangkan berdasarkan respon terhadap pembelajaran berbasis power point,  44,58% sangat setuju.
Pada siklus kedua juga memiliki empat aspek sebagaimana halnya dengan siklus pertama. Namun siklus kedua ini merupakan perbaikan dan kelanjutan dari siklus pertama berdasarkan replanning yang disajikan. Pada siklus kedua ini hasilnya sangat sesuai dengan harapan sebagaimana pernyataan dalam hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa power point dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi yang menyatakan bahwa 19 dari 24 peserta didik mampu mencapai skor ideal yaitu 12. Sedangkan dari hasil responden, 85,83% sangat setuju dengan pembelajaran berbasis power point.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL BAHASA ARAB KLS X

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674.  E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : X Akselerasi Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Kamis, 07 November 2013 Waktu                         : 11.45 – 13.45 Petunjuk : 1.       Berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal! 2.       Beca dengan teliti soal-soal sebelum menentukan jawaban! 3.       Jangan lupa isi identitas Anda! 4.       مَعَ النَّجَحِ A.    Pilihan Ganda 1.         Berapakah jumlah huruf Hijayyah ? a.        20                                           c. 28 b.       30                                           d. 25 2.         Apa yang dimaksud dengan اَلْكَلِمةُ ? a.          Kata                                      c. Kata kerja b.          Kalimat                     

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Berbicara  ruang lingkup Pemikiran Islam , maka tidak terlepas dari mana Islam tersebut lahir. Tanah Arab adalah cikal bakal tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemikiran Islam, maka perlu kiranya menelisik sumber aslinya hingga masa sekarang. Ketika masa Nabi Muhammad SAW masih hidup, masalah-masalah yang timbul di kalangan masyarakat diselesaikan oleh wahyu, atau oleh Nabi Muhammad sebagai manusia yang memperoleh otoritas tasyri (menetapkan hukum). Dengan bergulirnya waktu sejarah umat Islam mewarisi sebuah peradaban kuno yang besar di abad ke-20 dalam beberapa dekade sekarang, dunia Arab sedang melakukan modernisasi berbagai aspek kemasyarakatan. Pemikiran dalam Islam lahir tidak bersamaan dengan kedatangan Islam, tetapi jauh sesudahnya. Pemikiran Islam lahir setelah melalui proses sejarah yang panjang. Ia berangkat dari kepentingan-kepentingan setelah wafatnya Rasulullah Muha

SOAL BAHASA ARAB KLS XI

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674. E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : XI Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Sabtu, 14 Desember 2013 Waktu                         : 09.15 – 10.40 Ø   Jawab pertanyaan berikut ini dengan jujur dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya!.                                     A.     PILIHAN GANDA مَنْ هُوَ ؟ .1 أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ   مَنْ هِيَ ؟ .2   أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ      هَلْ هُوَ جَيْشٌ ؟ .3 أ. نَعَمْ، هُوَ جَيْشٌ