Langsung ke konten utama

Skripsi Power Point dalam peningkatan Motivasi belajar BAB IV, V, daftar Pustaka



BAB IV
 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.      Gambaran Umum Lokasi Penelitian
Sebelum diutarakan tentang hasil penelitian dalam bab ini, maka terlebih dahulu peneliti memaparkan gambaran umum lokasi penelitian tersebut. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare sebagai salah satu lembaga pendidikan Formal dalam naungan Kementerian Agama, adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) berciri khas Islam yang terletak di Jl. Jend. Sudirman No. 80 Kel. Sumpang Minangae Kec. Bacukiki Barat Kota Parepare. MAN 2 ini mempunyai program kurikulum serta jurusan yang sama dengan dengan SMA dan tetap komitmen dalam upaya peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan visi misi sebagai acuan normatif dalam menghadapi era globalisasi yang penuh dengan tantangan. Dalam meningkatkan kualitas peserta didik, Madrasah ini memiliki Visi dan Misi sebagai tantangan yang harus dihadapi. Adapun visi MAN 2 Parepare yaitu: Mewujudkan generasi yang berkualitas dan berakhlaqul karimah,  terampil dalam berkarya dan amanah dalam bersikap. Visi tersebut ditunjang dengan misi : Mengembangkan proses pembelajaran  yang efektif; Mengembangkan kajian MAFIKIB (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa) yang bernuansa Islami; Menumbuhkan semangat jiwa kepeloporan dan kepemimpinan Islam; Mengembangkan kreativitas peserta didik dan profesinalisme pendidik, khususnya dalam menyiasati program kurikulum; Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Dalam mencapai visi dan visi tersebut Madrasah ini di bina oleh 53 orang pendidik dengan 387 peserta didik. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Tabel 1. Data tenaga pendidik MAN 2 Parepare
JENIS KETENAGAAN
JENIS KELAMIN
STATUS KEPEGAWAIAN
PENDIDIKAN
L
P
PNS
NON PNS
SMA
S.1
S.2
S.3
GURU
14
33
29
18
-
45
2
-
47
47
47
PEGAWAI
4
2
4
2
1
4
1
-
6
6
6
JUMLAH
18
35
33
20
1
49
3
-











Sumber Data: Profil MAN 2 Parepare Tahun Ajaran 2012-2013
Tabel 2. Data peserta didik MAN 2 Parepare TA.2012/2013
No
Kelas
Jumlah Peserta Didik

No
Kelas
Jumlah Peserta Didik
1.
X1
25


XI IPA4
26
2.
X2
25


XI IPS1
25
3.
X3
25


XI IPS2
27
4.
X4
25


XII IPA1
24
5.
X5
25


XII IPA2
22
6.
XI IPA1
24


XII IPA3
19
7.
XI IPA2
28


XII IPS1
20
8.
XI IPA 3
26


XII IPS2
21
Jumlah Total
387
Sumber Data: Data Peserta Didik MAN 2 Parepare  Tahun Ajaran 2012-2013
Untuk mendukung proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada MAN 2 Parepare, maka disusun program pengembangan sebagai berikut :
1.    Pembelajaran efektif dan kondusif
2.    Peningkatan profesionalisme guru
3.    Peningkatan kualitas luaran yang berdaya saing
4.    Pengembangan keterampilan yang meliputi :
a.      Keterampilan keagamaan
b.      Keterampilan komputer dan multi media
c.       Kajian MAFIKIB dan penelitian
d.      Keterampilan berbahasa (Arab, Inggris, Jerman)
e.       Keterampilan olah raga dan seni
5.    Pengembangan komitmen dan kewirausahaan.
Selain itu, untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan kondusif, MAN 2 Parepare telah dilengkapi sarana penunjuang sebagai berikut :
1.    Gedung
Gedung kantor satu unit untuk ruang kerja kepala Madrasah, ruang Kepala Tata Usaha, ruang Bendahara dan ruang staf administrasi.Gedung Aula berlantai II, untuk lantai 1 berfungsi sebagai ruang tenaga pendidik, dan lantai 2 berfungsi sebagai aula serba guna. Serta memiliki gedung belajar empat unit yang terdiri atas 12 kelas yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.    Tenaga pendidik
Dalam mengemban visi dan misi MAN 2 Parepare, tenaga pendidik yang ditugaskan pada MAN 2 Parepare memiliki kualifikasi pendidikan strata dua dan strata satu, dan 24 orang guru telah lulus pada program sertifikasi guru dalam jabatan pada bidang studi masing-masing.
3.    Lab. Komputer
Untuk mendukung penerapan pendidikan berbasis ITC, tersedia laboratorium komputer yang representatif dan sesuai dengan tuntutan muatan kurikulum.
4.    Laboratorium MIPA
Dalam rangka meningkatkan kualitias pembelajaran telah tersedia laboratorium IPA yang dilengkapi dengan fasilitas yang cukup untuk melaksanakan praktikum pada bidang studi Biologi, Fisika, dan Kimia sebagai bentuk pengembangan kajian MAFIKIB
5.    Laboratorium Bahasa
Untuk mewujudkan proses pembelajaran efektif, khususnya pada bidang studi bahasa telah disediakan fasilitas laboratorium bahasa untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa pada bahasa Arab, Inggris, dan Bahasa Jerman.
6.    Laboratorium Multi Media
Menjawab tantangan modernisasi pembelajaran, MAN 2 Parepare telah menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran multi media dengan tujuan memberikan keterampilan rekayasa multi media kepada siswa.
7.    Perpustakaan
Dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran untuk menambah wawasan pengetahuan siswa, telah disediakan Perpustakan yang dilengkapi koleksi buku - buku pelajaran dan pengetahuan umum.
8.    Asrama Peserta Didik
MAN 2 Parepare menyediakan asrama putra dan putri bagi peserta didik yang berasal dari luar daerah yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

9.    Mushallah
Keberadaan Mushallah pada MAN 2 Parepare, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga digunakan untuk melaksanakan kajian dan pengajian bagi peserta didik MAN 2 Parepare.
10.  Sarana Olah Raga
Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa di bidang olah raga, telah disediakan sarana olah raga berupa: Lapangan Voli, Tennis Lapangan, Lapangan Basket, Lapangan Tenis Meja, Lapangan Sepak Takraw, dan fasilitas cabang atletik.[1]

B.       Uji Hipotesis
Pendidik dalam  menjalankan profesinya tentu diharapkan mampu menjadi motivator dalam proses pembelajaran. Karena motivasi merupakan hal sangat urgen dalam meningkatkan prestasi peserta didik baik dalam rana kognif, afektif, dan psikomotor. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam penelitian ini digunakan sebuah media pembelajaran berupa power point guna sebagai alat motivasi peserta didik dalam belajar bahasa Arab.
Hasil penelitian berbasis power point melalui 2 siklus dan hasil observasi siklus kedua menyatakan bahwa 19 dari 24 peserta didik mampu mencapai skor ideal yaitu 12. Sedangkan respon para responden 85,83% sangat setuju dengan pembelajaran berbasis power point.
Berdasarkan hal tersebut, maka dapat diketahui dengan jelas bahwa power point mampu  meningkatkan motivasi belajar peserta didik MAN 2 Parepare dengan kategori sangant tinggi.







C.      Hasil Penelitian
1.    Siklus Pertama ( satu pertemuan)
Siklus pertama terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi serta replanning seperti berikut ini:
a.    Perencanaan  
1)      Peneliti melakukan analisis kurikulum untuk menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan disampaikan kepada peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berbasis power point.
2)      Membuat rencana pembelajaran berbasis power point.
3)      Membuat instrumen yang digunakan dalam siklus PTK.
4)      Menyusun alat evaluasi.
b.   Pelaksanaan  
Kelas XI IPA1 dengan jumlah 24 peserta didik, fokus yang diamati yaitu dari sisi peserta didik mengenai respon terhadap pembelajaran yang berbasis power point.
Memasuki materi pokok guru menyebut dan menulis SK, KD, dan Indikator yang akan diberikan pada hari ini sesuai dengan RPP (terlampir). Guru juga menjelaskan secara singkat bahwa pelajaran hari akan menggunakan media power point. sesuai dengan media yang akan digunakan, maka terlebih dahulu akan dipersiapkan perangkat-perangkatnya. Diawal pembelajaran ini muncul sebuah permasalahan yaitu perlengkapan dari media yang masih kurang lengkap yang berupa kabel rol. Sehingga jarak antara LCD dengan layar sangat dekat yang menyebabkan tampilan poer point menjadi kecil dan peserta didik tidak mampu membaca materi dengan jelas tampilan pada slide dan pada akhinya mereka harus duduk lebih dekat dengan medianya.
Walaupun demikian, pada saat awal siklus pertama penggunaan media power point sudah memberikan stimulus pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena jarangnya media yang serupa digunakan dalam PBM bahasa Arab. Namun jarangnya penggunaan media power point tidaklah disebabkan oleh kurangnya kreativitas pendidik, tapi terbatasnya LCD di Madrasah ini. Maka dengan hadirnya media pembelajaran Power point peserta didk terlihat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Proses pembelajaran pada siklus pertama ini jika dilihat dari tata urut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pendidik belum melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tata urut RPP tersebut. Namun hal tersebut tidaklah mengurangi nilai dalam pembelajaran karena hal tersebut hanya terjadi pada kegiatan awal saja.
c.       Observasi dan Evaluasi
1)      Hasil observasi aktivitas peserta didik dalam PBM selama siklus pertama dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel 3. Perolehan skor Aktivitas Peserta Didik dalam PBM Siklus I
Nomor Urut Siswa
Skor Perolehan
Skor Ideal
Presentase (%)
Keterangan
1
9
12
75

2
9
12
75

3
11
12
92
Tertinggi
4
10
12
83
Tertinggi
5
11
12
92

6
10
12
83

7
9
12
75

8
9
12
75

9
9
12
75

10
10
12
83

11
9
12
75

12
10
12
83

13
9
12
75

14
9
12
75

15
9
12
75

16
10
12
83

17
9
12
75

18
10
12
83

19
11
12
92
Tertinggi
20
11
12
92
Tertinggi
21
11
12
92
Tertinggi
22
8
12
67
Terendah
23
8
12
67
Terendah
24
8
12
67
Terendah
Rerata
9
12
75

Sumber Data: Tabulasi Lembar Observasi Siklus I
Tabel di atas menjelaskan bahwa hasil observasi motivasi belajar peserta didik pada siklus pertama menunjukkan motivasi belajar yang ditimbulkan oleh media power point dalam pembelajaran bahasa Arab masih kurang. Hal ini diketahui dari jumlah peserta didik yang mencapai skor tertinggi hanya ada 5 dari 24 orang dengan perolehan skor 11 dari 12 skor yang merupakan skor ideal. Sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai terendah sebanyak 3 dari 24 orang dengan skor perolehan 8 dari 12 skor ideal. Sedangkan 16 dari 24 orang tergolong sedang.
Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa tingkat motivasi peserta didik tergolong masih rendah.
2)      Hasil kuesioner motivasi peserta didik terhadap pelajaran bahasa Arab berbasis power point selama siklus pertama sebagai berikut:
Tabel 4. Awalnya saya percaya bahwa pembelajaran ini mudah.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
8
13
3
-
33,33
54,17
12,50
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.1
Dari tabel di atas dapat dilihat dari jawaban yang diberikan bahwasanya mayoritas peserta didik setuju mengatakan bahwa “Awalnya saya percaya bahwa pembelajaran ini mudah” dan  tidak seorang pun yang menyatakan  sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut sedangkan  dari mereka sangat setuju dan sisanya memberi jawaban tidak setuju.

Tabel 5. Ada yang menarik bagi saya sejak awal pembelajaran.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
11
11
2
-
45,83
45,83
8,33
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.2
Jika dilihat dari jawaban yang diberikan bahwasanya peserta didik tertarik dengan pelajaran bahasa Arab pada awal pembelajaran, hal ini diketahui berdasarkan tidak adanya peserta didik menjawab sangat tidak setuju dan hanya ada 2 yang tidak setuju. Sisanya setuju dan sangat setuju  dengan pernyataan bahwa “ada yang menarik bagi saya sejak awal pembelajaran”.
Tabel 6. Saya sangat menyukai media yang digunakan dalam pembelajaran ini.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
13
8
3
-
54,17
33,33
12,50
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.3
Dari tabel di atas dapat dilihat dari jawaban yang diberikan bahwasanya mayoritas peserta didik sangat setuju mengatakan bahwa “Saya sangat menyukai media yang digunakan dalam pembelajaran ini” dan  tidak seorang pun yang menyatakan  sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut sedangkan  dari mereka setuju dan sisanya memberi jawaban tidak setuju.
Tabel 7. Saya merasa puas terhadap hasil yang saya capai.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
8
13
2
1
33,33
54,17
8,33
4,17
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.4
Dari tabel di atas menunjukkan bahwa separuh lebih satu dari peserta didik setuju dengan peryataan “ saya merasa puas terhadap hasil yang saya capai”,  dari mereka sangat setuju, dan hanya satu orang yang sangat tidak setuju, sedangkan sisanya merespon tidak setuju dengan hal tersebut.
Tabel 8. Saya selalu ingin hadir dalam pembelajaran ini.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
14
9
-
1
58,33
37,50
-
4,17
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.5
Jika dilihat dari jawaban yang diberikan  bahwasanya mayoritas peserta didik selalu ingin hadir dalam pembelajaran bahasa Arab,   lebih satu mentakan
setuju, satu orang sangat tidak setuju dan tak seorang pun yang mengatakan tidak setuju dengan hal tersebut.
Tabel 9. Saya sangat senang pada pembelajaran ini sehingga saya ingin mengetahui lebih lanjut materi ini.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
13
10
1
-
54,17
41,67
4,17
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.6
Dari tabel di atas nampak bahwa hanya ada satu responden tidak setuju dengan pernyataan “Saya sangat senang pada pembelajaran ini sehingga saya ingin mengetahui lebih lanjut materi ini” dan tidak seorang pun yang sangat tidak setuju sedangkan lebihnya menyatakan sangat setuju dan setuju dengan hal tersebut.




Tabel 10. Pada pembelajaran ini ada hal-hal yang merangsang rasa ingin tahu saya.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangan Tidak Setuju
10
12
2
-
41,67
50
8,33
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.7
Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui bahwa separuh peserta didik  merasa bahwa dalam pembelajaran ini ada hal-hal yang merangsang rasa keingintahuannya, lebih dua menyatakan sangat setuju serta sisanya tidak setuju dan sangat tidak setuju denga pernyataan tersebut.
Tabel 11. Tayangan dalam media memberi kesan bahwa isinya bermanfaat.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
13
9
2
-
54,17
37,50
8,33
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.8
Jika dilihat dari jawaban yang diberikan oleh peserta didik, dapat diketahui bahwa lebih dari separuh peserta didik mengatakan bahwa mereka sangat setuju dengan tayangan dalam media memberi kesan bahwa isinya bermanfaat,  lebih satu menyatakan setuju, dan tak seorang pun yang sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut, sisanya memilih tidak setuju.
Tabel 12. Isi pembelajaran ini akan bermanfaat bagi saya.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
11
12
-
1
45,83
50
-
4,17
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.9
Dari tabel di atas sangat nampak ada seorang peserta didik merasa bahwa isi pembelajaran bahasa Arab pada hari itu sangat tidak bermanfaat baginya dan tidak seorang pun yang tidak setuju serta separuh dari mereka setuju dengan pernyataan tersebut, sisanya menyatakan sangat setuju.
Tabel 13. Pengorganisasian yang baik dari isi materi pembelajaran ini membuat saya percaya bahwa saya akan dapat mempelajarinya.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
6
16
2
-
25
66,67
8,33
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.10
Berdasarkan  jawaban yang diberikan oleh peserta didik pada angket no.10 menunjukkan bahwa  peserta didik setuju mengatakan bahwa pengorganisasian yang baik dari isi materi pembelajaran ini membuat saya percaya bahwa saya akan dapat mempelajarinya, tidak seorang pun yang sangat tidak setuju, dan kurang dari yang sangat setuju serta sisanya mengatakan tidak setuju dengan hal tersebut.
d.      Refleksi dan Replanning
Dari hasil observasi terungkap bahwa media power point yang telah digunakan dalm pembelajaran ternyata mampu memberikan stimulus kepada 5 orang dari 24 peserta didik memperoleh skor tertinggi (11 dari 12 skor ideal) selama proses pembelajaran siklus pertama berlangsung.
Sedangkan respon peserta didik melalui kuesioner (angket) menyatakan bahwa 44,58% sangat setuju, senang dan termotivasi untuk belajar bahasa Arab dengan media power point. Hal memicu permasalahan ini yaitu tampilan media yang kurang memuaskan.
Untuk memperbaiki kelemahan dan mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai pada siklus pertama, maka pada pelaksanaan siklus kedua dapat dibuat perencanaan sebagai berikut:
1)      Memberikan gambaran kepada peserta didik mengenai manfaat pelajaran bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.
2)      Membuat design power point yang lebih menarik.
3)      Melengkapi segala perlengkapan media yang kemungkinan akan digunakan dalam proses pembelajaran.
2.      Siklus kedua ( satu pertemuan)
a.    Perencanaan   
1)      Planning pada siklus kedua berdasarkan replanning siklus pertama yaitu: Memberikan gambaran kepada peserta didik mengenai manfaat pelajaran bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.
2)      Membuat design power point yang lebih menarik.
3)      Melengkapi segala perlengkapan media yang kemungkinan akan digunakan dalam proses pembelajaran.
b.      Pelaksanaan  
Seperti halnya dengan siklus pertama, pada siklus kedua ini memasuki materi pokok guru menyebut dan menulis SK, KD, dan Indikator yang akan diberikan pada hari ini sesuai dengan RPP (terlampir). Pendidik juga menjelaskan secara singkat bahwa pelajaran hari ini masih akan menggunakan media power point. sesuai dengan media yang akan digunakan, maka terlebih dahulu akan dipersiapkan perangkat-perangkatnya. Pembelajaran siklus II ini semua perlengkapan untuk media sudah lengkap. Sehingga peserta didik tidak perlu lagi lebih mendekatkan diri pada media. Pada pertemuan ini sangat tampak perhatian, partisipasi dan kehadiran yang sangat tinggi terhadap pelajaran. Sedangkan mengenai tata urut pelaksanaan dari RPP juga telah sesuai dengan yang telah tercantum dalam RPP tersebut. Jadi pembelajaran pada siklus kedua ini berjalan lancar.
c.       Observasi dan Evaluasi
1)      Hasil observasi aktivitas peserta didik dalam PBM selama siklus kedua dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 14. Perolehan skor Aktivitas Peserta Didik dalam PBM Siklus II
Nomor Urut Siswa
Skor Perolehan
Skor Ideal
Presentase (%)
Keterangan
1
2
3
4
5
1
12
12
100

2
12
12
100

3
11
12
91,67

4
12
12
100

5
12
12
100

6
11
12
91,67

7
11
12
91,67

8
12
12
100

9
12
12
100

10
12
12
100

11
12
12
100

12
12
12
100

13
12
12
100

14
11
12
91,67

15
12
12
100

16
11
12
91,67

17
12
12
100

18
12
12
100

19
12
12
100

20
12
12
100

21
12
12
100

22
12
12
100

1
2
3
4
5
23
12
12
100

24
11
12
91,67

Rerata
11,75
12
97,91


Tabel di atas menjelaskan bahwa hasil observasi motivasi belajar peserta didik pada siklus kedua ini  menunjukkan motivasi belajar yang ditimbulkan oleh media power point dalam pembelajaran bahasa Arab mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Hal ini diketahui dari jumlah peserta didik yang mencapai skor ideal 12 (100%) sebanyak 19 orang dan sisanya yang berjumlah 5 orang memperoleh skor 11 (91,67% ).
Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa tingkat motivasi peserta didik tergolong sangat tinggi.
2)      Hasil kuesioner motivasi peserta didik terhadap pelajaran bahasa Arab berbasis power point selama siklus kedua sebagai berikut:
Tabel 15. Awalnya saya percaya bahwa pembelajaran ini mudah.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
21
3
-
-
87,5
12,5
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.1
Dari tabel di atas dapat dilihat dari jawaban yang diberikan bahwasanya hampir keseluruhan responden mengatakan mereka sangat setuju dengan pernyataan bahwa “Awalnya sanya peraya bahwa pembelajaran ini mudah”, hanya ada   dari peserta didik yang setuju saja, sedangakan  untuk kategori jawaban tidak setuju dan sangat tidak setuju tidak seorang pun yang memilihnya.
Tabel 16. Ada yang menarik bagi saya sejak awal pembelajaran.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
22
2
-
-
91,67
8,33
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.2
Jika dilihat dari jawaban yang diberikan bahwasanya peserta didik tertarik dengan pelajaran bahasa Arab pada awal pembelajaran, hal ini diketahui  berdasarkan jawaban yang diberikan yaitu mayoritas menjawab sangat setuju, dan tidak seorang pun yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju, sedangkan sisanya menjawab setuju saja.




Tabel 17. Saya sangat menyukai media yang digunakan dalam pembelajaran ini.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
23
1
-
-
95,83
4,17
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.3
Berdasarkan tabel di atas, dapat diketahui bahwa hampir seluruh peserta didik sangat menyukai (sangat setuju) dengan penggunaan media power point dalam pembelajaran bahasa Arab sedangkan untuk kategori jawaban setuju  hanya seorang yang memilihnya. Berarti tidak seorang pun yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju dengan hal tersebut.
Tabel 18. Saya merasa puas terhadap hasil yang saya capai.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
23
1
-
-
95,83
4,17
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.4
Dari tabel di atas menunjukkan bahwa pada umumnya peserta didik merasa puas terhadap hasil yang dicapai dalam pembelajaran bahasa Aran berbasis power point tersebut dan hanya ada satu peserta didik yang memberikan jawaban setuju terhadap pernyataan tersebut. Untuk kategori jawaban lainnya tidak ada yang merespon.
Tabel 19. Saya selalu ingin hadir dalam pembelajaran ini.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
21
3
-
-
87,5
12,5
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.5
Jika dilihat dari jawaban yang diberikan  bahwasanya peserta didik selalu ingin hadir dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini berdasarka jumlah peserta didik yang mayoritas menjawab sangat setuju.
Tabel 20. Saya sangat senang pada pembelajaran ini sehingga saya ingin mengetahui lebih lanjut materi ini.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
20
4
-
-
83,33
16,67
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.6
Dari tabel di atas dapat nampak bahwa hanya  peserta didik yang  setuju dengan pembelajaran bahasa Arab berbasis power point ini sedangkan yang sangat setuju sebanyak  dari jumlah peserta didik.
Tabel 21. Pada pembelajaran ini ada hal-hal yang merangsang rasa ingin tahu saya.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
19
5
-
-
79,17
20,83
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.7
Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui mayoritas peserta didik merasa bahwa dalam pembelajaran ini ada hal-hal yang merangsang rasa keingintahuannya. Tidak seorang pun yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju, sedangkan sisanya merespon setuju pernyataan tersebut.
Tabel 22. Tayangan dalam media memberi kesan bahwa isinya bermanfaat.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
19
5
-
-
79,17
20,8
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.8
Jika dilihat dari jawaban yang diberikan oleh peserta didik, dapat diketahui bahwa pada umumnya peserta didik sangat terkesan dengan tayangan dalam media power point dan sisanya menjawab hanya setuju. Sedangkan untuk kategori jawaban tidak setuju dan sangat tidak setuju tidak memiliki respon.
Tabel 23. Isi pembelajaran ini akan bermanfaat bagi saya.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangan Tidak Setuju
20
4
-
-
83,33
16,67
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.9
Dari tabel di atas sangat nampak bahwa mayoritas peserta didik merasa bahwa isi pembelajaran bahasa Arab pada hari itu sangat bermanfaat bagi mereka, hanya ada  responden yang menjawab setuju. Dengan demikian tak seorang pun yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju dengan hal tersebut.
Tabel 24. Pengorganisasian yang baik dari isi materi pembelajaran ini membuat saya percaya bahwa saya akan dapat mempelajarinya.
Kategori Jawaban
Frekuensi
Presentase (%)
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju
Sangan Tidak Setuju
18
6
-
-
75
25
-
-
Jumlah
24
100
Sumber Data: Tabulasi Angket no.10
Berdasarkan jawaban yang diberikan oleh peserta didik pada angket no.10 menunjukkan bahwa  sangat setuju dengan pengorganisasian materi pembelajaran pada hari itu. Sedangkan sisanya menjawab hanya setuju dan tak seorang pun yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju dengan hal tersebut.
Berdasarkan respon peserta didik melalui angket, dapat diketahui bahwa jumlah responden dengan jawaban sangat setuju sebanyak 85,83%, setuju sebanyak 14,17%, tidak setuju sebanyak dan sangat tidak setuju 0%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media power point dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sudah berhasil karena telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%.
d.   Refleksi
Melihat hasil observasi aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran  siklus II dan respon oleh responden (peserta didik) mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Pada lembar observasi menyatakan bahwa 19 dari 24 peserta didik mencapai skor ideal yaitu 12 dengan frekuensi 100% dan sisanya berjumlah 5 orang memperoleh skor 11 dengan frekuensi 91,67%.
Sedangkan dari hasil kuesioner menjelaskan bahwa 85,83% peserta didik sangat setuju dengan penggunaan media power point dalam pembelajaran bahasa Arab dan 14,17% yang setuju. Hal ini menggambarkan bahwa media presentasi sangat baik digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

BAB V
PENUTUP
                                                   
A.      Kesimpulan
Pada hakikatnya proses pembelajaran di MAN 2 Parepare sudah mengalami pengembangan. Penggunaan media sangat dituntut dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun yang menjadi kendala bagi para pendidik adalah jumlah setiap unit fasilitas yang disediakan belum memadai. Seringkali para pendidik telah menyiapkan slide presentation namun keterbatasan LCD menjadi penyebab tidak teraplikasikannya medi tersebut secara sempurna.
Dengan penggunaan media power point dalam proses pembelajaran selama 2 siklus, motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan. Keberhasilan dari media presentation ini tidak hanya pada penggunaan medianya saja, tapi juga kreativitas pendidik dalam membuat dan mempresentasikannya juga menjadi pendukung motivasi belajar.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada peserta didik MAN 2 Parepare dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.      Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus dan dalam setiap siklus ada empat komponen yang sangat penting yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Masing-masing siklus dilaksananakan satu kali tatap tatap muka (pertemuan).
2.      Pendidik menyampaikan materi pembelajaran bahasa Arab dengan media power point yang telah disediakan oleh peneliti selama dua siklus tersebut. Slide terlampir
3.      Penelitian yang dilaksanakan ini telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti yaitu 80% - 100% berdasarkan hasil pengamatan dan angket yang dilakukan peneliti selama proses siklus I dan II.
4.      Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti menyatakan penggunaan media power point sangat baik digunakan dalam proses belajar megaja karena dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik MAN 2 Parepare.

B.       Saran
Telah terbuktinya pembelajaran berbasis power point dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Arab, maka kami sarankan beberapa hal sebagai berikut:
1.      Dalam kegiatan belajar mengajar pendidik diharapkan lebih banyak menggunakan media sebagai suatu alternatif dalam mata pelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik khususnya media power point.
2.      Untuk lebih efektifnya penggunaan media pembelajaran, maka sangat disarankan kepada lembaga pendidikan untuk menganggarkan pengadaan LCD sesuai dengan jumlah kelas yang ada.
3.      Karena kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi pendidik dan peserta didik, maka diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dalam pelajaran bahasa Arab maupun pelajaran lain.

DAFTAR PUSTAKA

Adriani, 2011, Peningkatan Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dengan Pendekatan Kreatifitas Siswa di Kelas VI MI DDI Kalosi Kec. Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi tidak diterbitkan. Parepare: Program Sarjana STAIN Parepare.

Ali, Mukti, 2008, Pembentukan kemampuan bahasa Arab pada anak usia Prasekolah di TPQ Nur Iman Karangjambu Purwanegara Purwekerto Utara. Skripsi tidak diterbitkan. Purwekerto: Program Sarjana STAIN Purwekerto.

Anwar dkk, 2009, Pedoman Penulisan Skripsi dan Laporan Kegiatan Paraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa, ed.Revisi: STAIN Parepare

Arikuntoro, Suharsimi, dkk. 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Asnawir dan Basyiruddin Umar, 2002, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Perss

Bisri, Abid, KH dan KH. Munawwir A. Fatah, 1999, Kamus al-Bisri Indonesia-Arab Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progresif

Blognya Tasik, 2009, Pengertian Power Point, (online), (http://tasik-blog.blogspot.com/2009/01/pengertian-power-point.html)
Chaer, Abdul, 2003, Psikolinguistik Kajian Teoritik, Jakarta : Rineka Cipta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1997, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke-2, cet ke-9, Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati, Mudjiono, 2009, Belajar dan Pemblajaran, Jakarta: Asdi Mahasatya

Emzir, 2011. Metodologi Peneletian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Fadjar, A. Malik, 2005, Holostika Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press
Fuadi, Mukhlish, 2010, Otomatis Harakat Bahasa Arab menggunakan pemrograman Java, Malang: UIN Maliki Press.

Hamalik, Oemar, 2009, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Hermawan, Acep, 2011, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet I, Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset

Jahja, Yudrik ., 2011, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana.
Kunandar, 2010, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mahsun, 2005, Metode Penelitian Bahasa, Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Muslich, Mansur, 2009, Melaksanakan PTK itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara
Nazir, 1988, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Naim, Ngainun, 2009, Menjadi Guru Inspiratif, Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurlianta, Masa, 2010, Peranan Buku Paket Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI DDI Lapeo Kec. Campalagian Kab.Polewali Mandarh.19

Only, Finder, 2007, Pengertian Power Point, (online), (http://finderonly.com/PowerpointSearchEngine/),

Rosyidi, Abdul Wahab, 2009, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Uin Malang Press
Sanjaya, Wina, 2011,  Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Siagian, Sondang P., 2004, Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono,  2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta

Sukarman B, 2011, Media Pembelajaran  “Aplikasi Power Point 2007”, (online), (http://bugishq.blogspot.com/2008 /07/media-pembelajaran-aplikasi-powerpoint.html#)

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumarsono, 2004, Buku Ajar Filsafat Bahasa, Jakarta: Grasido
Syaiful, 2011, Konsep dan Makna Pembelajaran, Cet IX, Bandung: Alfabet
Trianto, 2007, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik,   Jakarta: Prestasi pustaka

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Panca Usaha

Uno, Hamzah B, 2010, Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: PT.Bumi Aksara






[1] Sumber Data: Profil MAN 2 Parepare Tahun Ajaran 2012-2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL BAHASA ARAB KLS X

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674.  E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : X Akselerasi Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Kamis, 07 November 2013 Waktu                         : 11.45 – 13.45 Petunjuk : 1.       Berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal! 2.       Beca dengan teliti soal-soal sebelum menentukan jawaban! 3.       Jangan lupa isi identitas Anda! 4.       مَعَ النَّجَحِ A.    Pilihan Ganda 1.         Berapakah jumlah huruf Hijayyah ? a.        20                                           c. 28 b.       30                                           d. 25 2.         Apa yang dimaksud dengan اَلْكَلِمةُ ? a.          Kata                                      c. Kata kerja b.          Kalimat                     

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Berbicara  ruang lingkup Pemikiran Islam , maka tidak terlepas dari mana Islam tersebut lahir. Tanah Arab adalah cikal bakal tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemikiran Islam, maka perlu kiranya menelisik sumber aslinya hingga masa sekarang. Ketika masa Nabi Muhammad SAW masih hidup, masalah-masalah yang timbul di kalangan masyarakat diselesaikan oleh wahyu, atau oleh Nabi Muhammad sebagai manusia yang memperoleh otoritas tasyri (menetapkan hukum). Dengan bergulirnya waktu sejarah umat Islam mewarisi sebuah peradaban kuno yang besar di abad ke-20 dalam beberapa dekade sekarang, dunia Arab sedang melakukan modernisasi berbagai aspek kemasyarakatan. Pemikiran dalam Islam lahir tidak bersamaan dengan kedatangan Islam, tetapi jauh sesudahnya. Pemikiran Islam lahir setelah melalui proses sejarah yang panjang. Ia berangkat dari kepentingan-kepentingan setelah wafatnya Rasulullah Muha

SOAL BAHASA ARAB KLS XI

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674. E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : XI Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Sabtu, 14 Desember 2013 Waktu                         : 09.15 – 10.40 Ø   Jawab pertanyaan berikut ini dengan jujur dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya!.                                     A.     PILIHAN GANDA مَنْ هُوَ ؟ .1 أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ   مَنْ هِيَ ؟ .2   أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ      هَلْ هُوَ جَيْشٌ ؟ .3 أ. نَعَمْ، هُوَ جَيْشٌ