Langsung ke konten utama

SOAL BAHASA ARAB KLS X

PEMERINTAH KOTA PAREPARE
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 2 PAREPARE
Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674. E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id


SOAL ULANGAN SEMESTER I
TAHUN AJARAN 2013-2014
Kelas                           : X Akselerasi
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Hari/ Tanggal  : Kamis, 07 November 2013
Waktu                         : 11.45 – 13.45
Petunjuk :
1.      Berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal!
2.      Beca dengan teliti soal-soal sebelum menentukan jawaban!
3.      Jangan lupa isi identitas Anda!
4.      مَعَ النَّجَحِ
A.   Pilihan Ganda

1.        Berapakah jumlah huruf Hijayyah ?
a.       20                                           c. 28
b.      30                                           d. 25

2.        Apa yang dimaksud dengan اَلْكَلِمةُ ?
a.         Kata                                      c. Kata kerja
b.         Kalimat                                 d. Kata perintah
3.        Berikut ini yang termasuk dalam pembagian اَلْكَلِمةُ adalah.........
a.         اَلْاِسْمُ ، اَلْفِعلُ ، اَلْمَوُصُولِ                   c. مَاضِي ، مُضَارِعٌ ، اَمْرُ
b.         اَلْاِسْمُ ، اَلْفِعلُ ، اَلْحَرْفُ             d. اَلْاِسْمُ ، اَلْفِعلُ ، اَلْحَرْفُ ،اَلْمُضَارِعُ
4.        Isim (الاِسْمُ )adalah kata yang menunjukkan kepada ......
a.       Benda Hidup dan Benda Mati          c. Kata bantu
b.      Kata kerja                                           d. Kata sambung

5.        Berikut ini yang termasuk Isim adalah ......
a.     كِتَابٌ ، القَلَمُ ، يَذْهَبُ                        c. أكَلَ ، عَلَّمَ ، يُعَلِّمُ
b.     مُدَرِّسٌ ، شَجَراةٌ ، الْغَنَمُ                        d. مِنْ ، إلَى ، عَنْ
6.        Ada berapa macam اَلْفِعلُ  (Fi’il) ?
a.       3 macam                                            c. 7 macam
b.      5 macam                                            d. 9 macam

7.        Berikut ini adalah macam-macam  اَلْفِعلُ  (fi’il), kecuali....
a.        مَاضِي                                 c. اَلْاِسْمُ
b.      مُضَارِعٌ                               d.  اَمْرُ
8.        Yang termasuk اَلْفِعلُ الْمَاضِى  (Fi’il Maadhi) adalah .......
a.       يَضْرِبُ                                c. إضْرِبْ
b.      ضَرَبَ                                d. مِضرَبٌ
9.        اَلْفِعلُ اْلمُضَارِعُ adalah ........
a.       Kata kerja
b.      Kata kerja yang sedang berlangsung atau yang akan dikerjakan
c.       Kata kerja lampau
d.      Kata kerja perintah

10.    Yang termasuk contoh فِعْلُ مُضَارِعُ  (Fi’il Mudhari ) adalah
c.       أكَلَ                                   c. كُلْ
d.      يَأْكُلُ                                  d. لَا تَقُلْ
11.    Kalimat berikut ini yang mengandung kata kerja perintah atau اَلْفِعْلُ اْلاَمْرُ adalah......
a.       ذَهَبْتُ اِلَى اْلمَدْرسَةِ                   c. اِقْرَأْ يَا خَيْرُ
b.      هُوَ يَقْرَاءُاْلجَرِيْدَةَ                     d. اَلْبَيْتُ اَمَامَ اْلمَسْجِدِ
12.  Huruf yang masuk pada Isim biasanya disebut .........
a.     حَرْفُ الجَرِّ                             c. حَرفُ الجَزْمِ
b.     حَرْفُ النَّصْبِ                          d. حَرْفُ الهِجَيَّةِ
13.  Huruf yang masuk pada fi’il biasanya disebut.....
a.     حَرْفُ الجَرِّ                             c. حَرْفُ النَّصْبِ
b.     أخْوَاتُ إنَّ                             d. حَرْفُ الهِجَيَّةِ
14.  Berikut ini yang termasuk dalam kategori حَرْفُ الجَرِّ adalah .....
a.     إنَّ - أنَّ - كَاَنَّ - لَكِنَّ - لَيْتَ – لَعَلَّ
b.     مِنْ - إلَى - عَنْ - عَلَى - فِى - ب - كَ - لِ - حَتَّى - مُنْذُ - رُبَّ – عَدَا
c.      لَمْ - لَمَّا - لْ...... - لاَ - إنْ - مَنْ
d.     أنْ - لَنْ - إذَنْ - كَيْ - لِ
15.  Berikut ini yang termasuk dalam kategori حَرْفُ الجَرِّ  adalah .....
a.     مِنْ - إلَى - عَنْ - عَلَى - فِى - ب - كَ - لِ - حَتَّى - مُنْذُ - رُبَّ – عَدَا
b.     إنَّ - أنَّ - كَاَنَّ - لَكِنَّ - لَيْتَ – لَعَلَّ
c.      أنْ - لَنْ - إذَنْ - كَيْ – لِ
d.     لَمْ - لَمَّا - لْ...... - لاَ - إنْ – مَنْ

16.  Berikut ini yang termasuk dalam kategori أخْوَاتُ إنَّ adalah .....
a.     مِنْ - إلَى - عَنْ - عَلَى - فِى - ب - كَ - لِ - حَتَّى - مُنْذُ - رُبَّ – عَدَ
b.     إنَّ - أنَّ - كَاَنَّ - لَكِنَّ - لَيْتَ – لَعَلَّ
c.      أنْ - لَنْ - إذَنْ - كَيْ – لِ
d.     لَمْ - لَمَّا - لْ...... - لاَ - إنْ - مَنْ
17.  Berikut ini yang termasuk dalam kategori حَرْفُ الجَزْمِ adalah .....
a.     مِنْ - إلَى - عَنْ - عَلَى - فِى - ب - كَ - لِ - حَتَّى - مُنْذُ - رُبَّ – عَدَ
b.     إنَّ - أنَّ - كَاَنَّ - لَكِنَّ - لَيْتَ – لَعَلَّ
c.      أنْ - لَنْ - إذَنْ - كَيْ – لِ
d.     لَمْ - لَمَّا - لْ...... - لاَ - إنْ - مَنْ
18.  Isim Mudzakkar (إسْمُ المُذَكَّرُ) adalah kata benda yang menunjukkan kepada .....
a.       Satu benda                                         c. Dua benda
b.      Laki-laki                                             d. Perempuan

19.  Berikut ini yang merupakan contoh إسْمُ المُذَكَّر (Isim Mudzakkar) adalah ......
a.     كِتَابٌ                                  c. سَبُّوْرَةٌ
b.     الشَّمسُ                               d. مَرْيَمْ

20.  Isim Muannats (إسْمُ المُؤَنَّثُ) adalah kata benda yang menunjukkan kepada .....
c.       Satu benda                                         c. Dua benda
d.      Laki-laki                                             d. Perempuan

21.  Ciri-ciri Isim Muannats (إسْمُ المُؤَنَّثُ)  sebegai berikut, kecuali......
a.       Menggunakan Ta Marbutha
b.      Berpasangan
c.       Bertanwin
d.      Hanya satu-satunya di dunia

22.  Isim Ma’rifah (إسْمُ المَعْرِفَةِ) adalah ......
a.       Kata benda yang menunjukkan kepada hal-hal tertentu dan memiliki makna yang jelas dan sudah diketahui
b.      Kata benda yang belum jelas dan tidak tertentu
c.       Kata benda yang menunjukkan kepada hal-hal tertentu
d.      Kata benda yang memiliki makna yang jelas dan sudah diketahui

23.  Bentuk-bentuk Isim Ma’rifah (إسْمُ المَعْرِفَةِ) ada......
a.       9 Bentuk                                            c. 7 Bentuk
b.      6 Bentuk                                            d. 5 Bentuk


24.  Yang manakah kalimat di bawah ini yang benar ?
a.       ذٰلِكَ فَاطيْمَةٌ                                 c. تِلْكَ اَحْمَدٌ
b.      هٰذَا فَاطيْمَةٌ                                         d. هٰذَا مُحَمَّدٌ
25.  Berikut ini adalah Isim Maushul (إسْمُ المَوْصُوْلِ), kecuali.......
a.     الّذِي                  c. الّذَانِ
b.     الّلاتِىْ                 d. هُنَالِكَ
26.  أنْتُنَّ مُسْلِمَاتٌ  artinya .....
a.       Kalian Muslimah
b.      Engkau Muslimah
c.       Dia Muslimah
d.      Saya seorang Muslimah

27.   Terjemahan yang benar dari kalimat شَجَرَةٌ - ذٰلِكَ مُدَرِّسٌ - البَابُ secara berurut adalah.....
a.       Sebuah Pintu – Guru itu – itu Pohon
b.      Pintu itu – itu Guru – sebatang Pohon
c.       Itu Pintu – seorang Guru – Pohon itu
d.      Pintu itu – seorang Guru – sebatang Pohon

28.  Yang termasuk isim mufrad (إسْمُ المُفْرَدِ) adalah .......
a.     فَصْلٌ - كُرْسِيٌّ – مَكْتَب                      c. قَلَمَانِ - كِتَابَانِ – طَالِبَانِ
b.     أقْلَمٌ - مُدَرِّسُوْنَ – مُوَظَّفُوْنَ                   d. شَجَرَةٌ - كِتَابَانِ – بُيُوْتٌ
29.  Yang termasuk contoh isim mutsanna (إسْمُ المُثَنّٰى ) adalah ......
a.     فَصْلٌ - كُرْسِيٌّ – مَكْتَبٌ                  c. قَلَمَانِ - كِتَابَانِ – طَالِبَانِ
b.     أقْلَمٌ - مُدَرِّسُوْنَ – مُوَظَّفُوْنَ               d. شَجَرَةٌ - كِتَابَانِ - بُيُوْتٌ
30.   Yang termasuk contoh isim jamak (إسْمُ الجَمْعِ ) adalah .....
a.     فَصْلٌ - كُرْسِيٌّ – مَكْتَبٌ                  c. قَلَمَانِ - كِتَابَانِ – طَالِبَانِ
b.     أقْلَمٌ - مُدَرِّسُوْنَ – مُوَظَّفُوْنَ               d. شَجَرَةٌ - كِتَابَانِ - بُيُوْتٌ

B.     Esay


1.      Tulislah bilangan 1-10 dengan lengkap (Angka Arab, Angka Indonesia, dan Lafadz) !

2.      Tulislah bilangan Urutan/ Tingkatan 1- 5 dengan lengkap ( Lafadz Muannats dan lafadz Mudzakkar) !

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Berbicara  ruang lingkup Pemikiran Islam , maka tidak terlepas dari mana Islam tersebut lahir. Tanah Arab adalah cikal bakal tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemikiran Islam, maka perlu kiranya menelisik sumber aslinya hingga masa sekarang. Ketika masa Nabi Muhammad SAW masih hidup, masalah-masalah yang timbul di kalangan masyarakat diselesaikan oleh wahyu, atau oleh Nabi Muhammad sebagai manusia yang memperoleh otoritas tasyri (menetapkan hukum). Dengan bergulirnya waktu sejarah umat Islam mewarisi sebuah peradaban kuno yang besar di abad ke-20 dalam beberapa dekade sekarang, dunia Arab sedang melakukan modernisasi berbagai aspek kemasyarakatan. Pemikiran dalam Islam lahir tidak bersamaan dengan kedatangan Islam, tetapi jauh sesudahnya. Pemikiran Islam lahir setelah melalui proses sejarah yang panjang. Ia berangkat dari kepentingan-kepentingan setelah wafatnya Rasulullah Muha

SOAL BAHASA ARAB KLS XI

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674. E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : XI Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Sabtu, 14 Desember 2013 Waktu                         : 09.15 – 10.40 Ø   Jawab pertanyaan berikut ini dengan jujur dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya!.                                     A.     PILIHAN GANDA مَنْ هُوَ ؟ .1 أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ   مَنْ هِيَ ؟ .2   أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ      هَلْ هُوَ جَيْشٌ ؟ .3 أ. نَعَمْ، هُوَ جَيْشٌ