RPP SIKLUS II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan          :  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare
Mata Pelajaran                :  Bahasa Arab
Kelas/Semester                :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                 : 2 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi:
1.      Memahami kaidah na’t wa man’uut

B.     Kompetensi  Dasar
1.1  Mengidengetahui kaidah na’tu wa man’uut
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Melafalkan pengertian na’t wa man’uut
§  Mengidentifikasi kaidah-kaidah na’t wa man’uut
§  Menyebutkan contoh-contoh na’t wa man’uut sesuai dengan kaidahnya

D.    Materi Pembelajaran :
§  نَعْتٌ وَ مَنْعُوْت

E.     Metode Pembelajaran
§  Metode            : Ceramah; Tanya jawab;
§  Media              : Power Point, Laptop, LCD





F.     Langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal : 10 Menit
§  Guru memberi salam, kemudian meminta salah satu peserta didik memimpin temannya untuk menyiapkan diri mengikuti pelajaran dengan do’a bersama.
§  Apersepsi:
a.       Perkenalan sambil Cross cek peserta didik
b.      Brain storming pengetahuan awal peserta didik atau curah pendapat.
c.       Menuliskan jawaban peserta didik di papan tulis
d.      Guru menjelaskan secara singkat materi dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanankan.
2.      Kegiatan Inti: 60 menit
§  Guru menampilakn materi melalui slide power point kemudian menjelaskannya.
§  Peserta didik mendengarkan secara saksama
§  Guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik
§  Guru memberikan contoh mengenai materi yang dijelaskan
§  Setelah waktu selesi, Guru meberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui
3.      Kegiatan Akhir: 10 menit
§  Guru memberi refleksi proses dan hasil pembelajaran dengan memberikan penguatan dan menghargai hasil belajar peserta didik dan memberi pujian dan penghargaan yang terbaik.
§  Guru memberikan tugas rumah
§  Guru menyampaikan materi berikutnya.
§  Guru mengakhiri pelajaran dengan ber do’a
G.    Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Dasar-dasar penguasaan bahasa Arab
§  Internet

H.    Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Hafalan

Parepare, 14 September 2012


Guru Bidang Studi




Hj. Hidayah Ahmad, S.Pd.I
NIP: 19830327 200710 2 002
Mahasiswa Peneliti




Susilawati
NIM: 08.092.013

Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare



Drs. H. M. Ibrahim, M.Ag
NIP:1962231 1994403 1 019



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL BAHASA ARAB KLS X

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

SOAL BAHASA ARAB KLS XI