BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada
hakikatnya proses pembelajaran di MAN 2 Parepare sudah mengalami pengembangan. Penggunaan
media sangat dituntut dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun yang
menjadi kendala bagi para pendidik adalah jumlah setiap unit fasilitas yang
disediakan belum memadai. Seringkali para pendidik telah menyiapkan slide presentation
namun keterbatasan LCD menjadi penyebab tidak teraplikasikannya medi tersebut
secara sempurna.
Dengan
penggunaan media power point dalam proses
pembelajaran selama 2 siklus, motivasi belajar peserta didik mengalami
peningkatan. Keberhasilan dari media presentation ini tidak hanya pada
penggunaan medianya saja, tapi juga kreativitas pendidik dalam membuat dan
mempresentasikannya juga menjadi pendukung motivasi belajar.
Berdasarkan
hasil penelitian tindakan kelas pada peserta didik MAN 2 Parepare dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Penelitian
Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus dan dalam setiap siklus ada
empat komponen yang sangat penting yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Masing-masing siklus dilaksananakan satu kali tatap tatap muka
(pertemuan).
2. Pendidik
menyampaikan materi pembelajaran bahasa Arab dengan media power point yang telah disediakan oleh peneliti selama dua siklus
tersebut. Slide terlampir
3. Penelitian
yang dilaksanakan ini telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah
ditetapkan peneliti yaitu 80% - 100% berdasarkan hasil pengamatan dan angket
yang dilakukan peneliti selama proses siklus I dan II.
4. Berdasarkan
fenomena tersebut, maka peneliti menyatakan penggunaan media power point sangat baik digunakan dalam proses
belajar megaja karena dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik MAN 2
Parepare.
B. Saran
Telah
terbuktinya pembelajaran berbasis power point
dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran bahasa
Arab, maka kami sarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Dalam
kegiatan belajar mengajar pendidik diharapkan lebih banyak menggunakan media
sebagai suatu alternatif dalam mata pelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik khususnya media power point.
2. Untuk
lebih efektifnya penggunaan media pembelajaran, maka sangat disarankan kepada
lembaga pendidikan untuk menganggarkan pengadaan LCD sesuai dengan jumlah kelas
yang ada.
3. Karena
kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi pendidik dan peserta didik, maka
diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dalam pelajaran
bahasa Arab maupun pelajaran lain.
Komentar
Posting Komentar