Langsung ke konten utama

BAB V PENUTUP

BAB V
PENUTUP
                                                   
A.      Kesimpulan
Pada hakikatnya proses pembelajaran di MAN 2 Parepare sudah mengalami pengembangan. Penggunaan media sangat dituntut dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun yang menjadi kendala bagi para pendidik adalah jumlah setiap unit fasilitas yang disediakan belum memadai. Seringkali para pendidik telah menyiapkan slide presentation namun keterbatasan LCD menjadi penyebab tidak teraplikasikannya medi tersebut secara sempurna.
Dengan penggunaan media power point dalam proses pembelajaran selama 2 siklus, motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan. Keberhasilan dari media presentation ini tidak hanya pada penggunaan medianya saja, tapi juga kreativitas pendidik dalam membuat dan mempresentasikannya juga menjadi pendukung motivasi belajar.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada peserta didik MAN 2 Parepare dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.      Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus dan dalam setiap siklus ada empat komponen yang sangat penting yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Masing-masing siklus dilaksananakan satu kali tatap tatap muka (pertemuan).
2.      Pendidik menyampaikan materi pembelajaran bahasa Arab dengan media power point yang telah disediakan oleh peneliti selama dua siklus tersebut. Slide terlampir
3.      Penelitian yang dilaksanakan ini telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti yaitu 80% - 100% berdasarkan hasil pengamatan dan angket yang dilakukan peneliti selama proses siklus I dan II.
4.      Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti menyatakan penggunaan media power point sangat baik digunakan dalam proses belajar megaja karena dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik MAN 2 Parepare.

B.       Saran
Telah terbuktinya pembelajaran berbasis power point dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Arab, maka kami sarankan beberapa hal sebagai berikut:
1.      Dalam kegiatan belajar mengajar pendidik diharapkan lebih banyak menggunakan media sebagai suatu alternatif dalam mata pelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik khususnya media power point.
2.      Untuk lebih efektifnya penggunaan media pembelajaran, maka sangat disarankan kepada lembaga pendidikan untuk menganggarkan pengadaan LCD sesuai dengan jumlah kelas yang ada.

3.      Karena kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi pendidik dan peserta didik, maka diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dalam pelajaran bahasa Arab maupun pelajaran lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL BAHASA ARAB KLS X

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674.  E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : X Akselerasi Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Kamis, 07 November 2013 Waktu                         : 11.45 – 13.45 Petunjuk : 1.       Berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal! 2.       Beca dengan teliti soal-soal sebelum menentukan jawaban! 3.       Jangan lupa isi identitas Anda! 4.       مَعَ النَّجَحِ A.    Pilihan Ganda 1.         Berapakah jumlah huruf Hijayyah ? a.        20                                           c. 28 b.       30                                           d. 25 2.         Apa yang dimaksud dengan اَلْكَلِمةُ ? a.          Kata                                      c. Kata kerja b.          Kalimat                     

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Berbicara  ruang lingkup Pemikiran Islam , maka tidak terlepas dari mana Islam tersebut lahir. Tanah Arab adalah cikal bakal tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemikiran Islam, maka perlu kiranya menelisik sumber aslinya hingga masa sekarang. Ketika masa Nabi Muhammad SAW masih hidup, masalah-masalah yang timbul di kalangan masyarakat diselesaikan oleh wahyu, atau oleh Nabi Muhammad sebagai manusia yang memperoleh otoritas tasyri (menetapkan hukum). Dengan bergulirnya waktu sejarah umat Islam mewarisi sebuah peradaban kuno yang besar di abad ke-20 dalam beberapa dekade sekarang, dunia Arab sedang melakukan modernisasi berbagai aspek kemasyarakatan. Pemikiran dalam Islam lahir tidak bersamaan dengan kedatangan Islam, tetapi jauh sesudahnya. Pemikiran Islam lahir setelah melalui proses sejarah yang panjang. Ia berangkat dari kepentingan-kepentingan setelah wafatnya Rasulullah Muha

SOAL BAHASA ARAB KLS XI

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674. E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : XI Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Sabtu, 14 Desember 2013 Waktu                         : 09.15 – 10.40 Ø   Jawab pertanyaan berikut ini dengan jujur dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya!.                                     A.     PILIHAN GANDA مَنْ هُوَ ؟ .1 أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ   مَنْ هِيَ ؟ .2   أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ      هَلْ هُوَ جَيْشٌ ؟ .3 أ. نَعَمْ، هُوَ جَيْشٌ