Langsung ke konten utama

RPP SIKLUS I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan          :  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare
Mata Pelajaran                :  Bahasa Arab
Kelas/Semester                :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                 : 2 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi:
1.      Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja

B.     Kompetensi  Dasar
1.1  Mengidentifikasi bunyi, ujaran (lisan, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2  Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
  
C.    Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Melafalkan kembali informasi lisan tentang remaja
§  Menerjamahkan informasi lisan tentang remaja
§  Menghafalkan mufradat tentang remaja

D.    Materi Pembelajaran :
§  اَلْمُرَاهِقُ

E.     Metode Pembelajaran
§  Metode            : Ceramah; Tanya jawab;
§  Media              : Power Point, Laptop, LCD


F.     Langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal : 10 Menit
§  Guru memberi salam, kemudian meminta salah satu peserta didik memimpin temannya untuk menyiapkan diri mengikuti pelajaran dengan do’a bersama.
§  Apersepsi:
a.       Perkenalan sambil Cross cek peserta didik
b.      Brain storming pengetahuan awal peserta didik atau curah pendapat.
c.       Menuliskan jawaban peserta didik di papan tulis
d.      Guru menjelaskan secara singkat materi dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanankan.
2.      Kegiatan Inti: 60 menit
§  Guru menampilakn materi melalui slide power point kemudian membacakannya
§  Peserta didik mendengarkan secara saksama
§  Guru meminta peserta didik mengulang kemudian mencatatnya
§  Guru menjelaskan gagasan dalam materi tersebut
§  Setelah waktu selesi, Guru meberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui
3.      Kegiatan Akhir: 10 menit
§  Guru memberi refleksi proses dan hasil pembelajaran dengan memberikan penguatan dan menghargai hasil belajar peserta didik dan memberi pujian dan penghargaan yang terbaik.
§  Guru meminta agar peserta didik menghafalkan mufradat-mufradat yang ada
§  Guru menyampaikan materi berikutnya.
§  Guru mengakhiri pelajaran dengan ber do’a
G.    Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa




H.    Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Hafalan

Parepare, 7 September 2012

Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare



Drs. H. M. Ibrahim, M.Ag
NIP:1962231 1994403 1 019
Guru Bidang Studi




Hj. Hidayah Ahmad, S.Pd.I
NIP: 19830327 200710 2 002



Komentar

  1. ASSALAMU'ALAIKUM,UST APAKAH BISA DIKIRIMKAN KESAYA PERANGKAT PEMBELAJARAN BHS ARAB KLS X,XI DAN XII MHN BANTYUANNYA ATAS KEBAIKAN DI SAMPAIKAN TERIMAKASH anthonie160275@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL BAHASA ARAB KLS X

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674.  E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : X Akselerasi Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Kamis, 07 November 2013 Waktu                         : 11.45 – 13.45 Petunjuk : 1.       Berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal! 2.       Beca dengan teliti soal-soal sebelum menentukan jawaban! 3.       Jangan lupa isi identitas Anda! 4.       مَعَ النَّجَحِ A.    Pilihan Ganda 1.         Berapakah jumlah huruf Hijayyah ? a.        20                                           c. 28 b.       30                                           d. 25 2.         Apa yang dimaksud dengan اَلْكَلِمةُ ? a.          Kata                                      c. Kata kerja b.          Kalimat                     

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Berbicara  ruang lingkup Pemikiran Islam , maka tidak terlepas dari mana Islam tersebut lahir. Tanah Arab adalah cikal bakal tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemikiran Islam, maka perlu kiranya menelisik sumber aslinya hingga masa sekarang. Ketika masa Nabi Muhammad SAW masih hidup, masalah-masalah yang timbul di kalangan masyarakat diselesaikan oleh wahyu, atau oleh Nabi Muhammad sebagai manusia yang memperoleh otoritas tasyri (menetapkan hukum). Dengan bergulirnya waktu sejarah umat Islam mewarisi sebuah peradaban kuno yang besar di abad ke-20 dalam beberapa dekade sekarang, dunia Arab sedang melakukan modernisasi berbagai aspek kemasyarakatan. Pemikiran dalam Islam lahir tidak bersamaan dengan kedatangan Islam, tetapi jauh sesudahnya. Pemikiran Islam lahir setelah melalui proses sejarah yang panjang. Ia berangkat dari kepentingan-kepentingan setelah wafatnya Rasulullah Muha

SOAL BAHASA ARAB KLS XI

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674. E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : XI Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Sabtu, 14 Desember 2013 Waktu                         : 09.15 – 10.40 Ø   Jawab pertanyaan berikut ini dengan jujur dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya!.                                     A.     PILIHAN GANDA مَنْ هُوَ ؟ .1 أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ   مَنْ هِيَ ؟ .2   أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ      هَلْ هُوَ جَيْشٌ ؟ .3 أ. نَعَمْ، هُوَ جَيْشٌ