RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (lisan, frasa, atau kalimat) dalam suatu
konteks dengan tepat
1.2
Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan
secara tepat
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Melafalkan kembali informasi
lisan tentang remaja
§ Menerjamahkan informasi lisan
tentang remaja
§ Menghafalkan mufradat tentang
remaja
D.
Materi
Pembelajaran :
§ اَلْمُرَاهِقُ
E.
Metode
Pembelajaran
§ Metode :
Ceramah; Tanya jawab;
§ Media : Power Point, Laptop, LCD
F.
Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal : 10 Menit
§ Guru memberi salam, kemudian meminta salah satu
peserta didik memimpin temannya untuk menyiapkan diri mengikuti pelajaran
dengan do’a bersama.
§ Apersepsi:
a.
Perkenalan
sambil Cross cek peserta didik
b.
Brain
storming pengetahuan awal peserta didik atau curah pendapat.
c.
Menuliskan
jawaban peserta didik di papan tulis
d.
Guru
menjelaskan secara singkat materi dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanankan.
2.
Kegiatan Inti: 60 menit
§ Guru menampilakn materi melalui slide power point kemudian membacakannya
§ Peserta didik mendengarkan
secara saksama
§ Guru meminta peserta didik
mengulang kemudian mencatatnya
§ Guru menjelaskan gagasan dalam materi tersebut
§ Setelah waktu selesi, Guru meberi kesempatan
kepada peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui
3.
Kegiatan Akhir: 10 menit
§ Guru memberi refleksi proses dan hasil
pembelajaran dengan memberikan penguatan dan menghargai hasil belajar peserta
didik dan memberi pujian dan penghargaan yang terbaik.
§ Guru meminta agar peserta didik menghafalkan mufradat-mufradat yang ada
§ Guru menyampaikan materi berikutnya.
§ Guru mengakhiri pelajaran dengan ber do’a
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian
Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Hafalan
Parepare,
7 September 2012
Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare
Drs. H. M. Ibrahim, M.Ag
|
Guru Bidang Studi
Hj. Hidayah Ahmad, S.Pd.I
|
ASSALAMU'ALAIKUM,UST APAKAH BISA DIKIRIMKAN KESAYA PERANGKAT PEMBELAJARAN BHS ARAB KLS X,XI DAN XII MHN BANTYUANNYA ATAS KEBAIKAN DI SAMPAIKAN TERIMAKASH anthonie160275@gmail.com
BalasHapus