Langsung ke konten utama

PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA1 MAN 2 PAREPARE (BAB I)

 BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Berdasarkan situasi masyarakat yang dinamis, idealnya pendidikan tidak hanya berorientasi pada masa lalu dan masa kini, tetapi sudah  seharusnya merupakan proses yang mengantisipasi dan membicarakan masa depan. Pendidikan hendaknya jauh memandang ke depan dan memikirkan apa apa yang akan dihadapi peserta didik di masa yang akan datang.  Menurut Buchori yang dikutip oleh Trianto, bahwa “pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya mempersiapkan para siswanya untuk suatu profesi atau jabatan, tetapi juga untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinyta dalam kehidupan sehari-hari”.[1]
Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal di era globalisasi ini adalah “masih rendahnya pencapaian peserta didik terhadap Ketuntasan Kompetensi Minimal (KKM), hal ini nampak jelas dari hasil belajar peserta didik yang masih memprihatinkan”.[2] Prestasi ini tentunya merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak menyentuh rana peserta didik, yaitu bagaimana sebenarnya belajar itu (belajar untuk belajar). Dalam arti yang lebih subtansial, bahwa proses pembelajaran hingga saat ini masih memberikan dominasi kepada pendidik dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikirnya.
Penyebab lain dari rendahnya pencapaian hasil belajar peserta didik adalah kurangnya perhatian mereka terhadap pelajaran akibat dari metode, strategi, serta media yang digunakan oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran kurang bervariasi.
Pendidikan bahasa Asing merupakan salah satu objek pendidikan yang sangat populer dewasa ini. Menguasai bahasa Asing memiliki kebanggaan khusus bagi individu yang bersangkutan.
Sedangkan menurut Aristoteles sebagaimana dikutip oleh Sumarsono, “bahasa adalah alat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan manusia. Artinya, bahasa baru ada kalau sesuatu yang ingin diungkapkan, yaitu pikiran atau perasaan. Dengan kata lain, pikiran mempengaruhi bahasa”.[3]      
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Asing yang sudah menjadi satu mata pelajaran wajib dan dikembangkan ke dalam beberapa bagian khusus untuk pondok pesantren. Sedangkan untuk sekolah yang berada di bawah naungan kementerian agama, mata pelajaran ini masih dalam kemasan umum yaitu mata pelajaran bahasa Arab. Bahkan beberapa tahun terakhir ini sekolah-sekolah naungan dinas pendidikan juga mulai menetapkan bahasa Arab sebagai mata pelajaran bahasa Asing. Jadi tidak heran jika banyak ditemukan peserta didik yang berlatar belakang sekolah umum mampu berbahasa Arab.
Mencintai dan mempelajari bahasa Arab memiliki manfaat yang sangat besar yaitu, dengan ilmu ini manusi mampu mempelajari dan memahami al-Qur’an dan hadits dengan baik dan benar serta dapat mengamalkannya berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya.
Melihat betapa pentingnya bahasa Arab sebagaimana tersebut di atas, maka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare sebagai lembaga Islam yang bergerak dalam bidang pendidikan dan da’wah, berusaha untuk ikut berperan dalam menyebarkan dan melestarikan visi dan misi da’wah Rasulullah SAW. Sekolah tersebut mengajarkan kepada para siswanya untuk dapat menguasai bahasa Arab dengan baik dan benar.
Permasalahan yang dihadapi adalah, cara meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab di MAN 2 Parepare. Bahasa Arab oleh sebagian besar peserta didik dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit, mereka memandangnya sebagai mata pelajaran yang menakutkan, hal ini diindikatorkan dengan rendahnya minat mengikuti mata pelajaran bahasa Arab dibandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya. Ini merupakan suatu bentuk tantangan yang harus segera diupayakan pemecahannya oleh semua pelaksana pendidikan yang memerogramkan bahasa Arab, khususnya para guru mata pelajaran bahasa Arab di MAN 2 Parepare.
Dalam pembelajaran bahasa Arab, media merupakan alat penunjang pembelajaran yang sangat penting digunakan demi peningkatan mutu pendidikan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam UU nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tentang fungsi dan tujuan Pendidikan Indonesia:
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.[4]

Hal tersebut yang mendorong kuat penulis untuk mengadakan sebuah penelitian dengan judul Penggunaan Power Point dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MAN 2 Parepare.

B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka dapat diidentifikasikan beberapa masalah sebagai berikut:
1.    Pemanfaatan media masih sangat kurang dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga proses pembelajaran kurang menarik para peserta didik.
2.    Peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

C.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah di atas, maka permasalah yang terkait dan akan menjadi focus penelitian adalah:
1.    Bagaimana penggunaan Power Point dalam pembelajaran bahasa Arab di  MAN 2 Parepare?
2.    Apakah penggunaan Power Point dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik MAN 2 Parepare?

D.      Cara Pemecahan Masalah
Untuk memecahkan masalah di atas, maka langkah yang harus ditempuh adalah menggunakan media power point dalam pembelajaran bahasa Arab agar peserta didik termotivasi untuk belajar bahasa Arab secara aktif. Design power point yang digunakan lebih bervatiatif.

E.       Hipotesis Tindakan
Hipotesis dalam penelitian tindakan bukan hipotesis perbedaan atau hubungan melainkan hipotesis tindakan. Rumusan hipotesis tindakan memuat tindakan yang diusulkan untuk menghasilkan perbaikan yang diinginkan.
Dalam penelitian ini, yang menjadi hipotesis adalah “Penggunaan Power Point dalam Pembelajaran Bahasa Arab mampu Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MAN 2 Parepare.”
F.       Tujuan Penulisan
Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu untuk:
1.    Mengetahui penggunaan Power Point dalam pembelajaran bahasa Arab di  MAN 2 Parepare.
2.    Mengetahui tingkat motivasi belajar bahasa Arab peserta didik MAN 2 Parepare melalui pembelajaran dengan media power point.
G.      Manfaat Penulisan
Hasil penelitian ini memberi dua manfaat, yaitu manfaat yang berupa sumbangan teoretis dan manfaat yang berupa sumbangan praktis.
1.     Manfaat teoretis
Penelitian ini memiliki dua  manfaat teoretis.
a.    Dengan hasil belajar peserta didik, akan diketahui tolok ukur tingkat motivasi belajar.
b.    Dengan persentase motivasi belajar peserta didik melalui media power point, maka diketahui tingkat keefektifan media ini terhadap peningkatan motivasi belajar.
2.    Manfaat praktis
Penelitian ini memiliki tiga manfaat praktis.
a.    Memberi pemahaman dan pengetahuan bagi para guru mengenai pentingnya media dalam pembelajaran yang memfokuskan pada peningkatan minat belajar peserta didik sehingga dalam pembelajaran di kelas peserta didik diharapkan dapat melakukan pembelajaran secara efektif dan efisien.
b.    Manfaat bagi peneliti, penelitian ini sebagai wahana untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam bangku perkuliahan yang diwujudkan dalam dunia nyata.
c.    Manfaat bagi keilmuan, sebagai sumbangan bagi perkembangan keilmuan terutama untuk proses pembelajaran dan bidang ilmu kebahasaan, khususnya dalam memotivasi peserta didik dalam dalam belajar.





[1]Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, cet; I, (Jakarta: Prestasi pustaka, 2007), h.1

[2] Ibid


[3] Sumarsono, Buku Ajar Filsafat Bahasa,  (Jakarta: Grasido, 2004), h. 58.

[4] Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Panca Usaha, 2003). 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL BAHASA ARAB KLS X

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674.  E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : X Akselerasi Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Kamis, 07 November 2013 Waktu                         : 11.45 – 13.45 Petunjuk : 1.       Berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal! 2.       Beca dengan teliti soal-soal sebelum menentukan jawaban! 3.       Jangan lupa isi identitas Anda! 4.       مَعَ النَّجَحِ A.    Pilihan Ganda 1.         Berapakah jumlah huruf Hijayyah ? a.        20                                           c. 28 b.       30                                           d. 25 2.         Apa yang dimaksud dengan اَلْكَلِمةُ ? a.          Kata                                      c. Kata kerja b.          Kalimat                     

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Berbicara  ruang lingkup Pemikiran Islam , maka tidak terlepas dari mana Islam tersebut lahir. Tanah Arab adalah cikal bakal tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemikiran Islam, maka perlu kiranya menelisik sumber aslinya hingga masa sekarang. Ketika masa Nabi Muhammad SAW masih hidup, masalah-masalah yang timbul di kalangan masyarakat diselesaikan oleh wahyu, atau oleh Nabi Muhammad sebagai manusia yang memperoleh otoritas tasyri (menetapkan hukum). Dengan bergulirnya waktu sejarah umat Islam mewarisi sebuah peradaban kuno yang besar di abad ke-20 dalam beberapa dekade sekarang, dunia Arab sedang melakukan modernisasi berbagai aspek kemasyarakatan. Pemikiran dalam Islam lahir tidak bersamaan dengan kedatangan Islam, tetapi jauh sesudahnya. Pemikiran Islam lahir setelah melalui proses sejarah yang panjang. Ia berangkat dari kepentingan-kepentingan setelah wafatnya Rasulullah Muha

SOAL BAHASA ARAB KLS XI

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674. E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : XI Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Sabtu, 14 Desember 2013 Waktu                         : 09.15 – 10.40 Ø   Jawab pertanyaan berikut ini dengan jujur dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya!.                                     A.     PILIHAN GANDA مَنْ هُوَ ؟ .1 أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ   مَنْ هِيَ ؟ .2   أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ      هَلْ هُوَ جَيْشٌ ؟ .3 أ. نَعَمْ، هُوَ جَيْشٌ