Langsung ke konten utama

PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA1 MAN 2 PAREPARE (BAB III)

BAB III
METODE PENELITIAN
A.      Jenis dan Desain Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian Tindakan Kelas yang disingkat dengan PTK ini didefinisikan oleh Hopki bahwa PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif, yang dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakannya dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman terhadap kondisi dalam praktik pembelajaran.[1] Sedangkan menurut Suyanto, PTK adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan/atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional.[2]
Penelitian tindakan bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada kepedulian praktis dari orang dalam situasi problematis secara langsung dan untuk tujuan lebih lanjut dari suatu ilmu sosial (termasuk pendidikan) secara serempak.[3]
PTK ini dilaksanakan melalui dua siklus untuk melihat peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab. Dalam setiap siklus ada empat komponen yang sangat penting yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hal tersebut dapat dilihat dengan jelas pada gambar berikut ini.
Perencanaan
 

Refleksi
Pelaksanaan
                                                       
Pengamatan
                                         SIKLUS I

Perencanaan
 

Pelaksanaan
Refleksi
                                         SIKLUS II
Pengamatan
 

?
                               

Gambar 1. Bagan siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK)[4]

B.       Tempat  Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare untuk mata pelajaran bahasa Arab kelas XI IPA1.


C.  Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga September 2012.

D.  Subjek dan Objek Penelitian
Dalam PTK ini, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 yang terdiri atas 24 peserta didik dengan komposisi perempuan 13 peserta didik dan laki-laki 11 peserta didik.[5]
Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini dibedakan atas dua macam, yaitu:
1.      Objek yang mencerminkan proses yaitu tindakan yang dilakukan berikut perangkat-perangkat pendukungnya ( penggunaan power point ).
2.      Objek yang mencerminkan produk yaitu masalah pembelajaran yang diharapkan mengalami peningkatan dan tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan ( motivasi belajar )

E.  Persiapan PTK
Sebelum melaksanakan PTK ini maka akan dibuat berbagai input instrumental yang akan digunakan untuk memberi perlakuan dalam PTK, yaitu
1.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.    Lembar pengamatan prilaku peserta didik dalam proses pembelajaran pada siklus 1 dan 2
3.    Design Materi dalam bentuk power point

F.       Sumber Data
Sumber data dalam PTK ini yaitu peserta didik dengan tujuan untuk mendapatkan data tentang motivasi belajar dan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran.

G.      Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data
Dalam PTK umumnya dikumpulkan jenis data kuantitatif dan data kualitatif. Data tersebut digunakan untuk menggambarkan perubahan yang terjadi.[6] Dalam Penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah:
1.    Observasi
Teknik ini dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dan implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis Power Point. Observasi ini dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur tingkat motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Arab.

2.    Kuesioner
Teknik ini untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis Power Point. Kuesioner ini dilaksanakan dengan membagikan angket kepada peserta didik setiap pembelajaran berakhir.
3.    Treatment
Treatmen adalah memberikan perlakuan kepada peserta didik untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun bentuk perlakuan yang akan diberikan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Seperti yang telah dijelaskan bahwa PTK ini menggunakan dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dengan satu kali tatap muka. Dengan demikian, dalam PTK ini ada dua kali tatap muka. Treatmen dalam setiap pertemuan dapat dilihat berikut ini:
a.    Pertemuan pertama
1)      Membuka pelajaran dengan appersepsi
2)      Menyebutkan pokok bahasan dengan indikator pembelajaran
3)      Menjelaskan pelajaran dengan PowerPoint
4)      Mengadakan pendalaman materi dengan feed beck test
5)      Membuat kesimpulan materi
6)      Membagikan lembar kuesioner untuk dijawab oleh setiap peserta didik
7)      Menutup pelajaran dengan memotivasi belajar di rumah
b.      Pertemuan kedua
1)      Membuka pelajaran dengan appersepsi
2)      Membacakan pokok bahasan dengan indikator pembelajaran
3)      Menjelaskan pelajaran dengan PowerPoint
4)      Mengadakan pendalaman materi dengan feed back
5)      Membagikan lembar kuesioner untuk dijawab oleh setiap peserta didik
6)      Mengadakan pengamatan terhadap prilaku peserta didik
7)      Menutup pelajaran dengan memotivasi belajar di rumah

H.      Teknik Analisis Data
Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik prsentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran.
1.      Implementasi pembelajaran berbasis power point: dengan menganalisis tingkat keberhasilan implementasi media power point kemudian dikategorikan dalam klasifikasi berhasil, kurang berhasil, dan tidak berhasil.
2.      Motivasi belajar: dengan menganalisis nilai rata-rata dari kuesioner kemudian  dikategorikan dalam klasifikasi tinggi, sedang, dan rendah.
3.      Aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar bahasa Arab (BA): dengan menganalisis tingkat respon peserta didik dalam proses pembelajaran BA melalui observasi. Kemudian dikategorikan dalam klasifikasi tinggi, sedang, dan rendah.
Data yang bersifat kualitatif berupa informasi, analisisnya diuraikan dalam bentuk kalimat. Sedangkan data yang bersifat kuantitatif, penulis menggunakan perumusan untuk menafsirkan data sebagai berikut
P =  x 100%
Keterangan :
P          : Presentase jawaban
F          : Frekuensi jawaban responden
N         : Jumlah responden
100%   : Bilangan tetap[7]

I.         Kriteria Keberhasilan
Yang menjadi kriteria keberhasilan dalam PTK ini adalah jika nilai rerata variabel yang diukur oleh kuesioner motivasi (variabel motivasi) mencapai nilai rerata 80% dari 100%.

J.        Prosedur Penelitian
Prosedur yang akan dilaukan dalam penelitian ini sebagaimana yang telah digambarkan pada siklus sebelumnya. Penelitian tindakan ini direncanakan terdiri dari dua siklus, kedua siklus ini mmerupakan rangkaian kegiatan yang saling berkaitan, artinya pelaksanaan siklus II merupakan lanjutan dan perbaikan berdasarkan refleksi siklus I.
Setiap siklus rencana dilaksanakan satu kali pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai seperti yang telah didesain dalam faktor yang diselidiki. Pelaksanaan kedua siklus tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
Siklus I
1.    Perencanaan
 Pada tahap ini, langkah-langkah yang akan dilakukan peneliti adalah sebagai berikut:
a.    Menelaah materi pelajaran bahasa Arab semester I kelas XI MAN 2 Parepare Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
b.    Membuat rencana pengajaran.
c.    Membuat format observasi untuk mengamati kondisi pembelajaran dikelas ketika pelaksanaan tindakan sedang berlangsung.
d.   Membuat angket untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran berbasis power point.
e.    Membuat alat atau media yang diperlukan dalam pembelajaran
2.    Pelaksanaan
 Secara umum tindakan yang dilaksanakan secara operasional dijabarkan sebagai berikut:
a.    Di awal kegiatan pembelajaran pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan perlengkapan belajar yang dibutuhkan, memberikan tema dan memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan.
b.    Pendidik menyampaikan materi pelajaran malalui media yang telah dibuat.
c.    Pendidik menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan media.
3.    Observasi dan evaluasi
 Pada tahap ini dilaksanakan observasi terhadap pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi yang telah dibuat serta melaksanakan evaluasi. Observasi ini dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dari observasi dicatat dalam lembar observasi yang meliputi kehadiran, kektifan dalam kegiatan belajar, baik bertanya atau memberi tanggapan, menjawab pertanyaan lisan dari pendidik ataupun teman dan mempresentasikan hasil belajar.
Selanjutnya evaluasi dilakukan pada akhir siklus I dengan memberikan quesioner, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran bahasa Arab selama proses siklus I.
4.    Refleksi
Data hasil observasi dan evaluasi dikumpulkan dan dianalisis. Dengan demikian peneliti dapat melihat merefleksikan diri , apakah tindakan yang telah dilakukan dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab peserta didik.


Siklus II
Siklus II dilaksanakan seperti dengan siklus I yaitu satu kali pertemuan. Pada dasrnya hal yang dilakukan pada siklus II ini adalah mengulang kembali tahap-tahap yang dilakukan pada siklus I. Disamping itu, juga dilakukan sejumlah rencana baru sesuai dengan pengalaman dan hasil refleksi yang diperoleh pada siklus I.
1.    Perencanaan
Rencana kegiatan yang dilaksanakan pada siklus II yaitu:
a.    Merancang tindakan berdasarkan hasil refleksi tindakan siklus I.
b.    Membuat rencana pembelajaran berbasis media power point.
c.    Membuat lembar observasi dan kuesioner siklus II.
2.    Pelaksanaan
 Pada siklus II ini dilakukan langkah-langkah yang relatif sama dengan siklus I dengan mengadakan beberapa perbaikan yang dipandang perlu.
a.         Pelaksanaan bentuk tindakan akhir yang diharapkan dapat memperbaiki kekurangan pada siklus I.
b.        Dalam penggunaan power point, materi lebih diperinci disertai penjelasan yang lebih jelas.
c.         Dalam pembelajaran, pendidik sekali-kali memberikan motivasi mengenai pentingnya bahasa Arab.
d.        Diadakan pengamatan selama pelajaran berlangsung.
e.         Pada akhir siklus, dibagikan kuesioner sebagaialat evaluasi
f.         Diadakan refleksi akhir dari semua tindakan yang telah dilakukan.
3.    Observasi dan evaluasi
Secara umum, tahap observasi dan evaluasi pada siklus II hampir sama dengan yang dilaksanakan pada siklus I dengan mengadakan perbaikan yang dipandang perlu. Dalam siklus ini dianalisis untuk menentukan hasil dan pencapaian tujuan akhir dari penelitian ini.
4.    Refleksi
Data hasil observasi dan evaluasi dalam siklus ini dianalisis untuk menentukan keberhasilan dan kegagalan yang dicapai tujuan akhir dari penelitian ini.




[1] Mansur Muslich, Melaksanakan PTK itu Mudah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), h.8

[2] Ibid

[3] Emzir, Metodologi Peneletian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, cet.V, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011), h.235
[4] Suharsimi Arikuntoro, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), h.16

[5] Sumber: Data Peserta Didik MAN 2 Parepare Tahun Ajaran 2012-2013

[6] Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, cet.V, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010), h.123

[7] Nazir, Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988), h.437

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL BAHASA ARAB KLS X

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674.  E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : X Akselerasi Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Kamis, 07 November 2013 Waktu                         : 11.45 – 13.45 Petunjuk : 1.       Berdo’alah sebelum mengerjakan soal-soal! 2.       Beca dengan teliti soal-soal sebelum menentukan jawaban! 3.       Jangan lupa isi identitas Anda! 4.       مَعَ النَّجَحِ A.    Pilihan Ganda 1.         Berapakah jumlah huruf Hijayyah ? a.        20                                           c. 28 b.       30                                           d. 25 2.         Apa yang dimaksud dengan اَلْكَلِمةُ ? a.          Kata                                      c. Kata kerja b.          Kalimat                     

Pemikiran Islam: Faktor internal & eksternal

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Berbicara  ruang lingkup Pemikiran Islam , maka tidak terlepas dari mana Islam tersebut lahir. Tanah Arab adalah cikal bakal tumbuh dan berkembangnya agama Islam, sehingga untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemikiran Islam, maka perlu kiranya menelisik sumber aslinya hingga masa sekarang. Ketika masa Nabi Muhammad SAW masih hidup, masalah-masalah yang timbul di kalangan masyarakat diselesaikan oleh wahyu, atau oleh Nabi Muhammad sebagai manusia yang memperoleh otoritas tasyri (menetapkan hukum). Dengan bergulirnya waktu sejarah umat Islam mewarisi sebuah peradaban kuno yang besar di abad ke-20 dalam beberapa dekade sekarang, dunia Arab sedang melakukan modernisasi berbagai aspek kemasyarakatan. Pemikiran dalam Islam lahir tidak bersamaan dengan kedatangan Islam, tetapi jauh sesudahnya. Pemikiran Islam lahir setelah melalui proses sejarah yang panjang. Ia berangkat dari kepentingan-kepentingan setelah wafatnya Rasulullah Muha

SOAL BAHASA ARAB KLS XI

PEMERINTAH KOTA PAREPARE DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 2 PAREPARE Alama : Jalan Jend. Sudirman No.31 Tlp.(0421) 21982 – 21674. E-Mail : smada_parepare@yahoo.co.id SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013-2014 Kelas                           : XI Mata Pelajaran            : Bahasa Arab Hari/ Tanggal  : Sabtu, 14 Desember 2013 Waktu                         : 09.15 – 10.40 Ø   Jawab pertanyaan berikut ini dengan jujur dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya!.                                     A.     PILIHAN GANDA مَنْ هُوَ ؟ .1 أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ   مَنْ هِيَ ؟ .2   أ. هُوَ أُسْتَاذٌ             ب. هُوَ مُدَرِّسَةٌ     ج. هِيَ عَمِيْدٌ               د. هِيَ طَالِبَةٌ      هَلْ هُوَ جَيْشٌ ؟ .3 أ. نَعَمْ، هُوَ جَيْشٌ